Tol Terpanjang Indonesia

Fakta Menarik Tol Terpanjang Indonesia Telah Diresmikan

Presiden Indonesia Joko Widodo sudah resmikan jalan Tol Terpanjang Indonesia. Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Tol Terpeka), Ruas tol ini terbentang sepanjang 189 km di dua provinsi, yaitu Sumatera Selatan dan Lampung. Peresmian jalan tol baru trans sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dilakukan di gerbang tol KM 240, Kabupaten Mesuji, Lampung.

Tol Terpanjang Indonesia

Baru Diresmikan, Ini Fakta Tol Terpanjang Indonesia

Pengerjaan Dimulai Sejak 2015

Proses pembuatan dan pengerjaan ruas jalan Tol Terpanjang Indonesia ini sudah dimulai sejak tahun 2015. Rini Soemarno, Menteri BUMN saat itu, mengatakan, ruas jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung ditargetkan selesai pada akhir April 2019. Namun, target tersebut hanya sebatas fungsional dan belum dapat dioperasikan.

Jalan Tol Terpanjang Indonesia Yang Telah Di Resmikan

Ruas tol Trans Sumatera di ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung ini merupakan tol terpanjang yang pernah diresmikan di Indonesia. Panjang tol ini mencapai 189,2 kilometer, merupakan bagian dari rencana tol trans-Sumatera sepanjang 2.974 kilometer.

Mulai Beroperasi Dan Digratiskan Layanannya Selama 30 Hari Ke Depan

Setelah diresmikan pada Jumat (15/11/2019), rencananya ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung mulai dioperasikan keesokan harinya. Dalam pengoperasian awal, layanan akan digratiskan kepada para pengguna selama 30 hari ke depan.

Melengkapi Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

Setelah beroperasi, ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung akan melengkapi ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah beroperasi lebih dulu pada Maret 2019. Perjalanan dari Bakauheni hingga Kayu Agung pun menjadi lebih singkat, yaitu 4 jam dari waktu tempuh sebelumnya yang mencapai 12 jam.

Meningkatkan Ekonomi Kawasan Tersebut

Selain meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari perjalanan, pembangunan tol ini juga mendorong pertumbuhan aktivitas ekonomi kawasan yang dilintasinya. Hal tersebut terbukti dari panjangnya daftar antrean usaha mikro kecil menengah (UMKM), ritel modern, dan bisnis beragam jenis yang ingin mengisi rest area-rest area di sepanjang tol. Presiden juga berharap kepada para kepala daerah agar dapat memanfaatkan hal tersebut. Kehadiran jalan tol akan dapat memberikan fasilitas kepada sentra produksi, kawasan industri dan perdagangan di Pulau Sumatera sehingga dapat menurunkan biaya logistik serta meningkatkan daya saing produk lokal. Selain itu, pembangunan ruas jalan tol ini juga menciptakan lapangan kerja.

Terhubung Hingga Palembang

Presiden mengatakan, ruas jalan tol tersebut nantinya akan terhubung hingga Palembang. Jika sudah terhubung, waktu tempuh dari Lampung hingga Palembang yang biasanya berkisar antara 10 sampai 11 jam dapat berkurang secara signifikan, yaitu sekitar 3 hingga 3,5 jam saja. Menurut Presiden, kecepatan dan efisiensi ini akan muncul jika jalan-jalan telah tersambung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *